Saturday, January 16, 2010

Berani Berjuang

Beberapa orang menganggap perusahaan swasta sebagai harimau buas yang akan ditembak. Yang lain melihat hal itu sebagai sapi sehingga mereka dapat susu. Tidak cukup banyak orang melihatnya sebagai kuda yang sehat, menarik gerobak yang kokoh. "
--Winston Churchill --
Kadang-kadang saya sering menemukan orang berkata " Aku tidak bisa " untuk sebuah peluang. Meskipun peluang itu jika dikaji lebih jauh akan memberikan suatu feed back yang positif. Kebanyakan bukan karena tidak bisa, tapi karena tidak mau atau takut dengan resiko yang akan dihadapi.
"Beberapa orang memiliki ribuan alasan mengapa mereka tidak bisa melakukan apa yang mereka mau, ketika semua yang mereka butuhkan adalah salah satu alasan mengapa mereka bisa ."
--Mary Frances Berry--
Sifat dasar manusia adalah menghindari kesulitan dan ingin enak, menghadapi resiko itu menguras pikiran, emosi dan tenaga bahkan kadang-kadang finansial. Sedikit sekali yang berani melangkah dan sedikit berbeda dengan paradigma orang disekitarnya. Selalu ada alasan untuk mengatakan "tidak bisa", dan mudah sekali mencemooh orang yang berani melangkah dan mengambil resiko. Ketika orang lain mencapai keberhasilan, dengan mudah juga timbul rasa iri hati. Untuk berhasill perlu keberanian.

Ada seorang teman, dia ingin membangun sebuah rumah burung walet, dengan berapi-api dia bercerita tentang keberhasilan orang lain dalam usaha waletnya dengan penghasilan miliaran, dan dia pun berencana membangun rumah walet. Singkat cerita dia minta gambar dan denah rumah walet dan mulai menghitung cost yang harus dikeluarkan, ketika angka itu mencapai 8 digit dia agak terkejut, dan mulai muncul berbagai pertimbangan yang intinya kalau tidak berhasil bagaimana. Karena dia juga mendengar ada yang sudah mengeluarkan uang banyak tetapi 9 tahun belum ada hasilnya.

Saya sarankan dia melakukan survey lokasi, melakukan caller test dan mengumpulkan bahan bangunan. Beberapa hari kemudian kami ketemu dan dia bilang tidak jadi membangun karena resiko kegagalannya sangat tinggi. Saya tanya darimana dia tahu kalau tingkat kegagalannya sanga tinggi. Dia bilang tetangganya sudah empat tahunan belum ada hasilnya, saya tanya kenapa ? Dia bilang, tidak tahu, lagian kan yang berhasil itu orang bermodal semua. Saya bilang sama teman saya, bagaimana kita bisa tahu berhasil atau tidak kalau kamu sendiri tidak mencoba, sambil berjalan kita bisa mempelajari bagaimana cara supaya walet-walet itu mau tinggal dan bersarang. Kalau kita takut, kita tidak akan pernah ke mana-mana. Usaha apa pun pasti ada resikonya, tidak ada yang tidak beresiko.

"Kemarin aku berani untuk berjuang. Hari ini saya berani untuk menang."
--Bernadette Devlin--
Orang-orang sukses hari ini, karena mereka berani mengambil langkah. Untuk menjadi seorang yang ahli kita harus belajar sebagai seorang pemula. Tanpa menjadi seorang pemula yang sering terbentur-bentur dengan kesulitan bahkan kadang-kadang mungkin bangkrut tidak ada orang yang sukses hari ini. Resiko bisa di atasi dengan belajar mengatasinya.

Keberhasilan itu dibangun bukan dikonsep.

0 comments:

Post a Comment