Thursday, January 14, 2010

Learninng by doing

Suatu hari saya menonton acara Kick Andy, waktu itu Bob Sadino di interview oleh Andy F. Noya seputar kesuksesan Bob Sadino. Ada satu bagian yang sangat menarik, kalau di tuliskan kira-kira begini :

Andy : Om bob, apa kiat-kiat sukses om Bob supaya pemirsa bisa tahu.
Om Bob : bergulir saja..
Andy : cuma bergulir ?
Om Bob : ya..., memangnya bagaimana ?
Andy : Sulit ya om merumuskan ? kalau orang yang tidak lulus sekolah memang sulit
merumuskan.
Om Bob : itulah bedanya Andy, anda suka menganalisis dan merumuskan, sementara anda
sibuk merumuskan saya sudah melangkah.

Kebanyakan orang sibuk merumuskan road to success, sementara yang lain langsung melangkah. Ada seorang teman yang ingin membuka usaha, dia sibuk dengan konsep-konsep dan analisa yang begitu detail sampai analisa kalau rugi. Ketika sampai pada analisa kalau rugi, mentok. Timbul ketakutan dan pada akhirnya dia menunda untuk membuka usaha itu.

Konsep dan Analisa untuk membuka usaha itu penting, tapi yang terpenting adalah melakukan. Saya banyak dikecam oleh orang-orang dekat saya ketika semua usaha saya yang lalu tidak berhasil, saya sempat desperate juga. Usaha nursery, komputer, RTRWnet, Sablon, Jasa konsultasi dan Pemborongan, tidak berhasil. Waktu, modal dan tenaga banyak terkuras belum lagi sindiran-sindiran dari orang-orang disekitar yang membuat mental down, akhirnya saya putuskan untuk tetap melangkah dengan usaha jasa konsultasi dan pemborongan sambil menganalisa kejadian yang lalu dimana letak kesalahannya. Sampai pada suatu ketika saya memulai sebuah usaha yang membutuhkan modal cukup besar dengan resiko yang cukup besar juga yaitu membuat rumah burung walet atas saran seorang teman, dan sampai hari ini kurng lebih dua bulan berjalan sudah menampakan hasil yang positif.

Saya menyimpulkan bahwa learning by doing adalah lebih baik, dari pada terlalu banyak menganalisa apa yang akan dibuat karena banyak tidak jadinya. Karena dengan learning by doing, terlatih untuk segera tanggap dengan situasi yang sedang kita hadapi dan mencari solusi. Kesuksesan perlu pilar-pilar yang kuat salah satunya adalah latihan untuk tidak berhasil. Bingung ?

Begini, seorang penemu untuk mencapai hasil penemuannya harus melakukan serangakaian percobaan yang tidak berhasil sampai menemukan formulasi yang tepat untuk penemuannya. Sama halnya dengan usahawan, untuk sampai pada satu peluang yang tepat harus berani melangkah dan tidak berhenti walaupun banyak ketidakberhasilan yang dialami.

Untuk menjadi seorang ahli, anda harus belajar sebagai seorang pemula
Learning by doing, itulah yang harus di lakukan, dan tidak berhenti walaupun jatuh bangun karena pada akhirnya kita akan menjadi seorang ahli dibidang usaha yang kita tekuni.

Salam suskes

top drone for sale

0 comments:

Post a Comment